Welcome

welcome 8 Pictures, Images and Photos

Jumat, 04 November 2011

pengertian bisnis tujuan dan sasaranya

1. 1. Pengertian Bisnis dan Jenisnya

a. Ada beberapa pengertian bisnis diantaranya :

    * Bisnis berasal dari kata business/busy yang berarti sibuk. Sibuk mengerjakan aktivitas dan pekerjaan yang mendatangkan keuntungan. Suatu organisasi yang menjual barang atau jasa kepada konsumen atau bisnis lainnya.

    * Bisnis dalam arti luas adalah istilah umum yang menggambarkan semua aktifitas dan istitusi yang memproduksi barang dan jasa untuk memuaskan kebutuhan masyarakat.

    * Business is then simply a system that produces goods and service to satisfy the needs of our society.  (Huat, T Chwee, 1990)

    * Bisnis merupakan suatu organisasi yang menyediakan barang atau jasa yang bertujuan untuk mendapatkan keuntungan. (Griffin & Ebert)

Dari pendapat diatas dapat disimpulkan bahwa

    * Bisnis adalah kegiatan yang dilakukan oleh individu dan sekelompok orang atau organisasi yang menciptakan nilai (create value) melalui penciptaan barang dan jasa (create of good and service) untuk memenuhi kebutuhan masyarakat dan memperoleh keuntungan melalui transaksi.


Kegiatan bisnis sebagai sebuah organisasi :

a]Produksi : penciptaan barang dan jasa.
b]Keuangan : kegiatan mencari dana yang dibutuhkan untuk melaksanakan kegiatan dagang.
c]Pemasaran : Kegiatan untuk menginformasikan barang dan jasa, mengidentifikasikan keinginan konsumen.
d]Pengelolaan sumber daya manusia (SDM) : kegiatan mencari tenaga kerja dan meningkatkan kemampuannya.

Lingkungan bisnis :
-Lingkungan intern (memberikan pengaruh langsung kepada kegiatan bisnis) : pemerintah, pesaing, konsumen, asosiasi dagang, suplier dan serikat pekerja.
-Lingkungan ekstern (memberikan pengaruh tidak langsung terhadap kegiatan bisnis) : dunia internasional, ekonomi, sosial budaya dan politik.

pengertian bisnis juga memuat 4 aspek, yaitu : untuk mendapatkan laba, menghasilkan barang dan jasa, suatu kegiatan usaha, dan memenuhi kebutuhan masyarakat dalam sehari – hari.

b. jenis – jenis bisnis ada 4 yaitu :
1. monopsoni
2. oligopoli
3. oligopsoni
4. pasar monopoli

Tujuan dan Sasaran
a.  Tujuan
  1. Meningkatkan pengawasan peredaran barang dan jasa.
  2. Pengembangan sistem dan jaringan informasi perdagangan
  3. Fasilitasi perijinan pengembangan usaha.
  4. Meningkatkan kualitas dan kuantitas produk .industri kecil dan menengah dalam memperkuat jaringan kluster industri serta pemanfaatan sumberdaya.
  5. Terfasilitasinya kerjasama kemitraan industri mikro, kecil, dan menengah dengan swasta sera kemudahan perijinan swasta.
  6. Meningkatnya dan memperluas jaringan pemasaran.
  7. Meningkatnya gairah pelaku usaha melalui forum pertukaran informasi bisnis, pameran dan teknologi pengembangan produk sehingga dapat dicapai hasil yang maksimal.
b.    Sasaran
  1. Terciptanya perlindungan konsumen
  2. Meningkatnya pengawasan/pemantauan barang beredar
  3. Teridentifikasinya pertumbuhan para pelaku usaha
  4. Meningkatnya pemasaran hasil produk dan berkembangnya usaha para pelaku usaha
  5. Meningkatnya jumlah investasi dalam upaya peningkatan kualitas dan kuantitas produk
  6. Terpenuhinya sarana untuk IKM untuk memperkuat jaringan kluster industri
  7. Meningkatnya kualitas SDM dan produk-produk IKM
  8. Meningkatnya akses dan peluang pasar produk IKM
  9. Meningkatnya gelar potensi IKM
  10. Meningkatnya akses dan peluang pasar produk IKM
  11. Meningkatnya gelar potensi produk IKM
B.  STRATEGI DAN KEBIJAKAN
a.    Strategi
  1. Mendorong pertumbuhan industri untuk penciptaan lapangan kerja
  2. Peningkatan  nilai tambah dan produktifitas
  3. Pengembangan lingkungan bisnis yang nyaman / kondusif
  4. Mengembangkan IKM agar perannya setara dengan industry besar sehingga merupakan fondasi perekonomian yang kokoh dam mewujudkan IKM yang mandiri dan atau mendukung industri besar dalam satu kerangka kerjasama yang sederajat dan saling menguntungkan
b.    Kebijakan
  1. Pengembangan sistem jaringan informasi perlindungan konsumen dan pengawasan
  2. Kuatnya sistem managemen pelaku usaha dalam memperkuat jaringan kluster industri
  3. Terjalinnya hubungan yang harmonis antara pengusaha yang handal dengan pengusaha UKM
  4. Meningkatkan hubungan koordinasi yang baik antara pemerintah, pengusaha yang handal dengan para pelaku UKM
  5. Meningkatkan kualitas dalam rangka investasi


Tidak ada komentar:

Posting Komentar